Pakaian Wanita dan Perkembangannya di Era Modern

Pakaian Wanita dan Perkembangannya di Era Modern

baju kerja wanita

Model pakaian wanita selalu berubah dari waktu ke waktu dan dari tahun ke tahun. Ada banyak alasan untuk perubahan ini, salah satunya adalah termasuk perubahan tren pakaian untuk wanita dan perubahan selera wanita pada umumnya. Perubahan model dari pakaian untuk wanita ini mulai berkembang pada era tahun 1980an. Pada tahun ini fashion wanita memiliki lebih banyak keragaman bahkan lebih banyak jika dibandingkan dengan saat ini.

Pada tahun tersebut, banyak perempuan muda berpakaian ala gadis pedesaan yang tentunya terlihat rapi dengan gabungan sepatu sport atau sepatu khas untuk wanita, atau juga terkadang disatukan dengan rok. Di tahun ini dikenal sebagai gelombang baru dari era pakaian modern hingga membawa kita ke dalam mode fashion wanita yang modern seperti yang kita nikmati saat ini. Salah satu tren pakaian wanita yang paling terkenal pada masanya adalah gabungan antara jaket dan legging. Tren pakaian ini dikenal sebagai tren “new wave’’ yang membuat model pakaian wanita lebih bebas.

Desainer untuk mode fashion wanita di era 80an ini sangatlah banyak, di mana pada tahun 1980an ini fashion sedang mengalami perubahan yang sangat signifikan. Banyak model pakaian baru di era ini sehingga untuk wanita yang memiliki kantong tebal bukan menjadi masalah untuk pergi ke pusat kota berbelanja model pakaian wanita paling baru dan paling nge-hits di zamannya. Sedangkan untuk mereka yang memiliki dana pas-pasan, memilih untuk meniru gaya model pakaian paling baru tersebut dengan membuatnya sendiri atau membeli bahannya sendiri dan menyerahkannya kepada penjahit. Di tahun 1980an ini lah di mana lahirnya gaun untuk kegiatan formal untuk kerja dan juga kegiatan non formal seperti untuk menghadiri pesta dengan bentuk yang trendi dan model yang hampir sama. Tren fashion ini masih diadopsi hingga saat ini yang mana fashion wanita modern saat ini tampil lebih beragam dan menarik tentunya.

Pada akhir tahun 1980-an perempuan bosan mengenakan pakaian era 80an dan beralih ke pakaian wanita yang menawarkan kenyamanan. Pada era tahun 1990-an perempuan mulai lebih memilih pakaian kasual yang nyaman untuk beraktivitas. Tiba-tiba gerakan grunge yang populer di era 90an juga lagi-lagi memengaruhi bagaimana wanita berpakaian. Gaun yang anggun digantikan dengan jeans robek dan kemeja flanel. Pada saat ini wanita memutuskan bahwa tidak hanya pria saja yang harus menjadi satu-satunya yang memakai pakaian yang nyaman dan sesuai dengan seleranya. Setelah grunge, aliran hip-hop juga mempengaruhi tren fashion wanita hingga tahun 2000an. Setelah tahun 2010 ke atas, wanita karier tiba-tiba beralih mengenakan celana santai dan gaun untuk dikenakan sebagai seragam kerjanya sebagai bentuk pakaian wanita modern.

 Pakaian Wanita dan Perkembangannya di Era Modern

Leave a comment